Peraturan dalam olahraga futsal terbaru

Pengertian 

Futsal adalah sebuah bentuk permainan olahraga bola yang cara bermainnya dilakukan oleh 2 regu atau tim, dimana jumlah pemain pada masing-masing tim sebanyak 5 orang termasuk penjaga gawang. Seperti halnya pada permainan sepak bola tujuan dari permainan futsal ialah mencetak gol sebanyak mungkin dengan cara memasukkan bola ke dalam gawang lawan menggunakan kaki atau dengan anggota tubuh yang lainnya kecuali tangan.

peraturan permainan futsal terbaru

Asal usul olahraga futsal memiliki sejarah yang cukup panjang hingga sampai ke Indonesia. Awal mulanya permainan ini dipopulerkan oleh seseorang bernama Juan Carlos Ceriani pada tahun 1930 di Uruguay dan setelah itu berkembang dengan pesat di Brazil tahun 1936 hingga dibuatlah sebuah ketetapan tentang peraturan dalam permainan futsal. Mengenai perkembangan selanjutnya silahkan baca Sejarah Permainan Futsal di dunia dan Indonesia. 

Aturan Permainan

Setiap cabang olahraga apapun pasti memiliki sebuah aturan main dalam pertandingan, termasuk peraturan bermain futsal dibuat adalah dengan tujuan agar setiap pertandingan yang berlangsung pada suatu turnamen atau kompetisi dapat berjalan dengan baik, lancar dan tercipta suasana yang tertib, teratur serta bisa dinikmati oleh setiap orang. Baik untuk pemain itu sendiri, wasit, pelatih, official maupun seluruh penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut. 

Peraturan pada permainan futsal kalau kita perhatikan memang memiliki banyak kesamaan dengan peraturan pada sepak bola, akan tetapi sebenarnya masing – masing mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki pada permainan lain. Dari sebuah permainan yang sederhana dan tradisional kini futsal menjadi sebuah olahraga modern yang banyak digemari orang di seluruh dunia, sehingga tak terelakkan jika pada peraturan futsal terbaru terjadi beberapa perubahan seiring dengan berkembangnya zaman yang terus berubah. 

Tata Tertib Pertandingan

Ada beberapa tata tertib dalam pertandingan futsal yang penting sekali untuk diketahui oleh setiap pemain, dimana pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan permainan futsal ini dibutuhkan sebagai bekal dalam menghadapi turnamen yang akan dijalaninya. Hal ini mutlak diperlukan oleh para pemain mengingat pada ajang kompetisi atau turnamen tersebut berlaku dan diterapkannya sebuah peratuan kompetisi futsal resmi sesuai dengan ketetapan dari PSSI maupun peraturan oleh FIFA. 

Sebagaimana yang kita tahu bahwa olahraga futsal saat ini sudah sangat popular di tengah masyarakat kita, tetapi mungkin sebagian orang belum begitu mengerti tentang panduan dan peraturan cara bermain futsal yang benar. Sehingga sering terlihat para pemain amatir atau pemula melakukan banyak kesalahan dalam permainan futsal, selain itu untuk syarat bermain juga tidak terpenuhi dengan baik. Tak hanya untuk pemain saja, seorang wasit jauh lebih dituntut untuk memahami berbagai aturan pertandingan futsal karena memiliki peran yang sangat penting di dalam memimin jalannya permainan. 

Peraturan Resmi FIFA

Pertandingan futsal pada sebuah turnamen memiliki beberapa level yang terbagi dari kelas atas hingga bawah, tentunya memiliki ketentuan yang sedikit berbeda antara peraturan futsal internasional dengan peraturan yang ada di level nasional ataupun regional. Terlebih lagi untuk kelas amatir pada kompetisi antar kampung jelas memiliki aturan permainan yang berbeda, namun harus dengan kesepakatan bersama dan tetap sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada. 

Peraturan pertandingan futsal secara lengkap dan mendalam telah dibahas pada artikel – artikel yang lainnya dengan mendetail beserta keterangan dan juga penjelasannya agar bisa dibaca dan pelajari lebih mudah. Beberapa peraturan dalam futsal tersebut yang penting untuk diketahui adalah sebagai berikut:

Lapangan dan Gawang  

Peraturan untuk ukuran lapangan futsal standar internasional sesuai ketetapan dari FIFA yaitu memiliki panjang 38 – 42 meter sedangkan untuk lebar lapangan pertandingan antara 18 – 25 meter. Berbeda halnya untuk standar nasional ataupun regional memiliki ukuran yang lebih kecil. Tebal garis lapangan futsal yaitu 8 cm untuk semua ukuran garis yang terdapat di dalamnya. 

Sedangkan fungsi garis tengah, samping, daerah penalti dan garis lainnya yang ada pada lapangan permainan memiliki kegunaan masing – masing. Bentuk dan ukuran gawang futsal juga telah ditentukan dalam peraturan seperti panjang, lebar mistar gawang dan tinggi tiang atau palang gawang. Penjelasan selengkapnya silahkan baca Ukuran Lapangan dan Gawang Futsal Standar Internasional.

Bola 

Lingkaran bola futsal memiliki ukuran minimal 62 cm dan maximum 64 cm. Peraturan bola futsal memiliki sedikit perbedaan dengan bola yang ada pada permainan olahraga sepak bola termasuk bahan dasar yang digunakan, diameter lingkaran, berat dan tekanan serta pantulan bola. Lantas bagaimana peraturan mengenai bola yang digunakan dalam pertandingan? Pelajari lebih lanjut pada halaman berikut, Bola Futsal Standar FIFA 

Pemain

Peraturan jumlah pemain futsal yaitu sebanyak 5 orang termasuk penjaga gawang (Keeper) dan ditambah dengan beberapa pemain cadangan. Beberapa perlengkapan untuk pemain futsal dan juga kiper diantaranya adalah kaos / kostum, celana, sepatu, kaos kaki, dekker  atau shinguards. Baca lebih lengkap ulasannya tentang perlengkapan bermain dalam Peraturan Pemain Futsal yang wajib dipakai pada pertandingan. 

Wasit 

Dalam permainan futsal terdiri atas beberapa macam wasit yaitu seseorang yang ditunjuk sebagai wasit utama untuk memimpin jalannya pertandingan ditemani oleh wasit kedua serta dibantu pencatat waktu dan wasit ketiga. Masing – masing memiliki fungsi dan tanggung jawab sendiri – sendiri yang harus dilaksanakan dengan baik sehingga pengetahuan tentang peraturan wasit futsal terbaru menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui.  Adapun tugas dan wewenang wasit dalam pertandingan telah dibahas lebih detail pada halaman berikut, Peraturan Wasit Futsal 

Komentar

Postingan Populer